Toyota Motor mengatakan akan mulai menguji mobil listrik swakemudi sekitar tahun 2020
Mobil listrik tersebut akan menggunakan kecerdasan buatan
atau artificial intelligence (AI) untuk terlibat dengan pengemudi, karena
perusahaan tersebut berkompetisi dengan perusahaan teknologi untuk
mengembangkan kendaraan baru itu. Mobil, yang model konsepnya diresmikan awal tahun ini di
Consumer Electronics Show di Las Vegas, akan dapat berkomunikasi dengan para
pengemudi, sembari membangun pengetahuan tentang preferensi pengguna, kebiasaan
dan emosi dalam pembelajaran yang mendalam. Menghadapi kompetisi dari produsen mobil dan perusahaan
teknologi untuk menghasilkan mobil yang pintar dan bisa mengemudi sendiri,
Toyota telah berinvestasi US$ 1 miliar hingga tahun 2020 untuk mengembangkan
teknologi swakemudi dan AI yang canggih.
Model Concept-i, mobil baterai-listrik yang memiliki daya
jelajah 200 kilometer (180 mil) dengan sekali charge, bisa memperkirakan emosi
dan kewaspadaan pengemudi dengan membaca ungkapan, tindakan dan nada suara
mereka. Dengan menggunakan informasi ini, kendaraan akan dapat
mengambil alih kemudi jika diperlukan misalnya, setelah menilai pengemudi
terlalu lelah dan mengemudi dengan tidak aman, dan juga berinteraksi dengan
pengemudi dan penumpang. Menghadapi masa depan di mana kepemilikan mobil mungkin
disusul oleh layanan mobilitas yang baru, para pembuat mobil meningkatkan
investasi untuk mengembangkan kemampuan AI dan untuk meningkatkan pengalaman
berkendara.
Ford Motor awal tahun ini menginvestasikan US$ 1 miliar pada
Argo AI, sebuah startup yang didirikan oleh mantan karyawan tim pengembangan
mobil swakemudi Uber Technologies, untuk permintaan mengembangkan layanan mobil
swakemudi. General Motors Co juga telah berinvestasi pada startup AI. Honda Motor dan Softbank tahun lalu mengumumkan bahwa mereka
bekerja sama untuk menggunakan teknologi robot humanoid di mobil untuk
memungkinkan mereka berkomunikasi dengan pengemudi, demikian Reuters. Executive Vice President Toyota Motor Corporation yakin
Toyota mampu mengembangkan baterai solid-state untuk mobil listrik Toyota di
masa mendatang.
Baterai itu akan memiliki bentuk yang lebih kecil, kompak,
namun memiliki daya tahan yang lebih lama. “Kami sedang menuju ke arah di mana baterai mobil listrik menjadi
lebih kecil, kompak, tapi bisa bertahan lebih lama dari yang ada sekarang,”
kata Leroy dalam sebuah sesi tanya jawab dengan wartawan dari berbagai negara
di Tokyo Motor Show di Tokyo Big Sight, Tokyo, 25 Oktober 2017. Kapasitas baterai yang lebih besar atau kepadatan energi
yang lebih tinggi dinilai berpotensi penting mengurangi biaya produksi sistem
propulsi baterai EV.
Kapasitas baterai yang tinggi berarti teknologi ini
membutuhkan lebih sedikit lithium, kobalt, mangan, nikel atau aluminium, yang
memungkinkan mobil mengurangi ukuran keseluruhan dari sistem propulsi EV. Keberhasilan mengkomersilkan teknologi baterai solid-state
bisa menjadi kunci untuk membuat mobil baterai listrik terjangkau seperti mobil
bensin hari ini. Para ahli mengatakan biaya memproduksi satu kilowatt jam
listrik perlu diturunkan dari US$200/kWh hari ini menjadi sekitar US$100. Semua teknologi baterai solid-state juga harus lebih aman -
seperti baterai lithium-ion konvensional dengan cairan atau elektrolit seperti
gel telah diketahui bocor atau dapat menyala saat terjadi hubungan arus pendek
dan terlalu panas.
Risiko ini berkurang dalam baterai solid-state, kata
Chairman Toyota Takeshi Uchiyamada dalam sebuah wawancara menjelang Tokyo Motor
Show. Dan, tidak seperti baterai lithium-ion hari ini, sel baterai
solid-state tidak perlu dilapisi erat dan dihubungkan dengan konektor listrik,
sehingga desainer mobil lebih fleksibel untuk menciptakan lebih banyak ruang
bagi penumpang atau tempat penyimpanan. “Saya akan mengatakan itu cukup revolusioner, dan saya yakin
orang lain melihat teknologi baterai lithium-ion solid-state untuk melepaskan
diri dari paket, dan menghasilkan teknologi penyimpanan energi yang lebih aman
dan lebih kuat pada mobil listrik," kata Uchiyamada.


Tidak ada komentar: